Kamis, 13 September 2012

0 Toyota Prius c, Mobil Paling Hemat BBM Yang Bakal Masuk Pasar Indonesia

Toyota Aqua
Toyota Aqua, mobil yang akan dipasarkan di Indonesia dengan nama Toyota Prius c. Majalah Otomotif Online | Toyota Prius c, Mobil Paling Hemat BBM Yang Bakal Masuk Pasar Indonesia.
Mobil Teririt di Dunia Datang ke Indonesia

Meski era mobil hybrid belum datang ke Indonesia, Toyota tetap yakin kalau hybrid adalah teknologi masa depan. Untuk itu, mobil teririt yang mereka miliki, Toyota Prius c alias Aqua, dipastikan akan hadir di Indonesia dalam hitungan hari ke depan. "New Prius yang merupakan Prius dengan minor change, lalu ada adik Prius, yang kalau di luar dikenal dengan nama Aqua, disini akan kita pakai nama Prius c," ungkap Corporate Planning and Public Relation PT Toyota Astra Motor, Widyawati Soedigdo.

Toyota di AS juga menyebut Aqua dengan Prius c. Prius c diperkuat dengan mesin bensin berkapasitas 1.500 cc 4 silinder dengan tenaga 74 PS pada 4.800 rpm dan torsi 111 Nm. Motor bensin ini dikawinkan dengan motor listrik yang memiliki tenaga hingga 45 kW (61PS) dan torsi 169 Nm (125. lb-ft). Jadi jika kedua mesin digabungkan bisa memproduksi 100 PS (73kW atau 98HP).
Mobil ini pun menjadi mobil paling irit BBM karena konsumsi BBM-nya mencapai 35,4 km per liter. Mobil tersebut memiliki dimensi panjang 3,9 meter sehingga bisa menampung penumpang sebanyak 5 penumpang. Masuknya Toyota Prius C atau disebut Aqua akan menambah banyak deretan mobil hybrid Toyota di Indonesia. Di Malaysia, mobil hybrid ini sudah meluncur lebih dulu dengan banderolan mulai 97.000 ringgit Malaysia atau sekitar Rp 288 juta. "Prius c kita jual dengan sistem order. Jadi kalau ada yang pesan, kita datangkan," lugasnya.

Prius c atau yang disebut Aqua di Jepang ini cukup sukses di pasaran Jepang. Tak lain karena konsumsi BBM mobil ini yang paling irit di pasaran Jepang dan dunia untuk ukuran mobil yang diproduksi massal yakni 35,4 km per liter.

Di Jepang, untuk Prius biasa tipe hatchback dijual mulai 2,17 juta yen atau sekitar Rp 251,2 jutaan. Begitu masuk Indonesia harganya meningkat sekitar 3 kali lipat menjadi Rp 605 juta. Sementara Prius c atau Aqua dijual 20 persen lebih murah yakni 1,69 juta yen atau sekitar Rp 195,6 jutaan. Jika kita bandingkan secara kasar seperti Prius hatchback tadi, maka Prius c bisa kita harapkan harganya plus pajak di Indonesia sekitar Rp 400 jutaan. Masuk akal untuk hybrid?

Bagi orang Indonesia mungkin hal ini akan membuat kepala geleng-geleng dibuatnya ya? Semoga saja ada potongan khusus, apalagi Prius c menggunakan mesin yang lebih kecil dari Prius hatchback.

oto.detik.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Bucu-Bucu Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates